Dilan, Inilah Yang Lebih Berat dari Rindu.

Hai Dilan ?

Dilan yang selalu wangi setiap habis mandi.

Mau tau perjalanan sabun mandi yang membuat badan kamu jadi wangi sepanjang hari ?
Nah.. sebelum sabun itu kamu pakai, kamu tau kan bahwa salah satu bahan untuk membuat sabun itu adalah minyak yang dihasilkan dari kelapa sawit ? Minyak kelapa sawit sebelum diolah menjadi sabun itu telah melalui perjalanan jauh. Salah satunya dari pelosok perkebunan di Sumatera Selatan.
Darmin, seorang buruh perkebunan kelapa sawit di pedalaman Sumatera Selatan. Ia berangkat kerja seusai sholat Subuh. Istrinya turut serta dalam pekerjaan ini, yaa meskipun yang diupah hanya Darmin saja.

Damin berja dari selepas adzan subuh berkumandang sampai senja tiba, lebih 12 jam ia bekerja. Target janjang sawit harus ia kejar agar upah tidak dipotong mandor.

Darmin bekerja tanpa jaminan kesehatan macam BPJS, tanpa jaminan keamanan, tanpa seragam kerja, tanpa K3.

Pernah suatu ketika, tanpa sengaja Darmin menjatuhkan sarang tawon. Ia diserang segerombolan tawon yang marah. Mukanya lebam dihajar sengatan bertubi-tubi. Setelah Ia periksa di puskesmas sang Mantri bilang, ada 30 sengatan di wajahnya.

Kejadian tersebut terdengar sampai kuping sang Mandor. “Dengan keadaanmu yang seperti ini, sudah kamu tidur saja di rumah.” suruh si Mandor.

Selama seminggu Darmin beristirahat di rumah, meredam rasa luka. Lalu, karena Ia tidak bekerja, sang Mandor bilang bahwa upahnya tidak dibayar. “Kamu sudah seminggu tidak bekerja, jadi tidak saya kasih upah.” Ucapnya.

Ketika Darmin bertanya untuk biaya berobat atas kejadian yang menimpa dirinya di perkebunan, sang Mandor dengan tegas berkata “sudahh tak perlu periksa, olesi saja dengan minyak kelapa! Nanti juga sembuh sendiri.”

Darmin, buruh kebun kelapa sawit.

“JADI DILAN, RINDUMU TIDAK SEBERAT PEKERJAANKU.” Darmin.

-menjelang senja, di pinggir jalan Holding 29/01/2018-

BAGIKAN