Berserikat, Pendidikan, dan Perkuat Perjuangan!

‘BURUH BERSERIKAT PASTI KUAT!’ itulah jargon yang selalu digaungkan oleh para buruh terutama di Indonesia. Namun, hanya berserikat saja tentulah belum sepenuhnya membuat kekuatan buruh menjadi maksimal.

Berangkat dari kebutuhan mendasar yang dibutuhkan oleh buruh, yaitu pendidikan. Pada Jum’at (1/12) bertempat di PT. Daiwabo Nonwoven Indonesia, SERBUK Indonesia melaksanakan pendidikan terkait dengan perjanjian kerja bersama (PKB). Sebanyak 30 orang pengurus Serikat Buruh Anggota (SBA) yang berasal dari 4 SBA yang berbeda.

Ucu Sudiana ketua SBA PT. Daiwabo Nonwoven Indonesia menyampaikan kembali materi pendidikan PKB yang telah dilaksanakan sebelumnya. “Kekuatan kolektif dan pemahaman secara merata merupakan modal awal untuk memenangkan PKB dengan pihak perusahaan,” tegasnya.

Dengan tema pendidikan ‘Menuju PKB yang Berkeadilan dan Serikat Buruh yang Kuat’. Pendidikan ini bertujuan untuk mempertajam kecerdasan buruh dalam perundingan pembuatan PKB dengan perusahaan. Dengan tujuan terciptanya PKB yang berkeadilan dan tentunya menciptakan kesejahteraan bagi buruh.

Syamsuri yang bertindak sebagai pemateri memaparkan terkait teknis yang harus dipersiapkan sebelum membuat PKB. Dari pempersiapkan tim, perumusan materi, dan tim penjaring, sampai dengan memantapkan tim perunding. “Semua harus dipersiakan dengan matang, ini untuk menghasilkan sebuah PKB yang tentunya adil dan membuat pekerjaan buruh di pabrik menjadi lebih baik.” Tambah pria yang akrab dipanggil Bung Sam.

Di akhir pendidikan, Subono selaku Ketua Umum SERBUK Indonesia yang hadir dalam pendidikan ini menyampaikan kepada pengurus SBA yang mengikuti pendidikan agar selalu menyampaikan materi yang diberikan saat pendidikan kepada seluruh anggotanya. “Pemahaman harus terus ditanamkan kepada seluruh anggota, hal ini untuk memperkokoh kekuatan individu dan mendorong kekuatan kolektivitas untuk terus berjuang mencapai tujuan bersama.” Tambahnya dengan tegas.

Pendidikan haruslah diperjuangkan, karena dengan pendidikanlah keadilan dan kesejahteraan bisa diwujudkan secara bersama.

BAGIKAN