ASFINAWATI Terpilih Sebagai Ketua Badan Pengurus YLBHI Periode 2017-2021.

Melalui pemungutan suara, Asfinawati memenangkan pemilihan Ketua Badan pengurus YLBHI periode 2017-2021. Pemungutan yang berlangsung di lantai 4 Gedung YLBHI merupakan mekanisme pemilihan 5 tahunan untuk menentukan  kepemimpinan lembaga penggerak lokomotif demokrasi itu.

Yohana Sudarsono, Ketua Departemen Hubungan Internasional Federasi SERBUK indonesia yang hadir dalam pemilihan tersebut mengungkapkan apresiasi atas terpilihnya Asfinawati. Lebih lanjut Yohana menyatakan bahwa  kepemimpinan Asfinawati akan sangat penting untuk gerakan demokrasi Indonesia dimasa mendatang.

Lebih lanjut Yohana menyatakan bahwa sebagai pribadi, Asfin adalah orang dengan leadership skill yang bagus.  Dia tegas,  menguasai bidangnya,  memahami peta, low profile, dan punya integritas.  Dia jelas dalam keberpihakannya dan konsisten.  Sebagai pribadi,  dia sangat bisa diandalkan dan independent.

Mekanisme pemilihan Ketua Badan pekerja YLBHI tahun ini memiliki dinamika yang berbeda. Selain karena kondisi gerakan yang mengalami represi luar biasa dan ancaman demokrasi dari rezim, Asfinawati juga dituntut untuk memberikan peran lebih agar mampu menjadikan YLBHI dan kantor LBH di berbagai kota sebagai lokomotof perubahan demokrasi. Sejarah mencatat bahwa di era orde baru, YLBHI mampu menjadi motor penggerak, maka sekarang kondisi di Indonesia juga mengalami kesamaan situasi yang tidak pasti.

SERBUK  Indonesia berharap, kepemimpinan perempuan di tubuh YLBHI mampu menjadi inspirasi untuk gerakan lain, terutama serikat buruh. Partisipasi perempuan di serikat buruh masih sangat minim, padahal anggota buruh perempuan di serikat adalah mayoritas.

BAGIKAN