Satu Tahun SIPTAM-SERBUK: Nyalakan Terus Api Perjuangan!

Pekik suara ‘hidup buruh’ membahana di Ganeca Convention Hall Purworejo, Jawa Tengah (21/9/24). Gedung yang berlokasi persis di tengah kota ini dipadati anggota Serikat Pekerja Teknik Area Magelang (SIPTAM) yang terafiliasi dengan Federasi SERBUK Indonesia. 

Mayoritas pekerja yang hadir terlihat mengenakan pakaian kasual dan seragam yang menunjukkan identitas pekerja layanan teknik Tenaga Alih Daya (TAD) dari PT PLN Persero. Selain itu, hadir juga dalam acara ini adalah perwakilan Federasi SERBUK, SPLAS, SOL HPI Klaten, SPLAM, dan SP PLN. 

Sejumlah 167 anggota dari rayon Magelang Kota, Tegalrejo, Borobudur, Temanggung, Parakan, Purworejo dan Kutoarjo mendatangi momen penting ini dengan semangat yang membara. Sejak acara dimulai, antusiasme terus terjaga sehingga acara berjalan dengan santai, sekaligus khidmat.  

Sambutan-sambutan dari undangan yang hadir ditujukan untuk memberikan semangat, harapan, dan pengingat dalam satu tahun SIPTAM ini. Seperti perwakilan SP PLN yang menekankan agar SIPTAM bisa terus menjadi serikat pekerja yang aktif dan membekali diri dengan pelatihan-pelatihan yang diadakan Federasi SERBUK. Selain itu, sambutan dari Federasi SERBUK yang diwakili Muhammad Husain dari Kordinator Departemen Media dan Propaganda mengajak agar pengurus dan anggota SIPTAM bisa semakin mengoptimalkan perawatan organisasi, penguatan pendidikan, dan peningkatan kampanye. “SIPTAM ini kalau kita pecah hurufnya bisa menjadi pemaknaan yang menarik. S untuk solidaritas. I untuk inklusif atau terbuka. P untuk progresif. T untuk terdidik. A untuk amanah. Dan M untuk Menyala. Maksudnya menyala terus semangat dan perjuangannya,” ucap Husain. 

Afiliasi Federasi SERBUK lain yang hadir dalam acara ini juga turut memberikan sambutannya. Seperti SPL HPI Klaten yang mengingatkan SIPTAM agar selalu kompak serta SPLAM yang mengajak SIPTAM untuk saling menekankan solidaritas untuk kesejahteraan sesama tenaga alih daya. 

Beberapa hal penting menjadi sorotan utama dalam satu tahun perayaan SIPTAM ini. Pertama, Upah. Dalam sambutannya, Agus Handayani (Ketua SIPTAM) mengajak seluruh anggota yang hadir untuk terus berjuang hingga kenaikan upah bisa menyamai upah minimum kabupaten (UMK) tertinggi di provinsi Jawa Tengah. Mengingat pekerjaan Tenaga Alih Daya Pelayanan Teknik PT PLN Persero ini punya resiko kerja yang sangat tinggi dengan sistem kerja 24 jam non-stop. Kedua, Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) serta SOP. Masih dalam sambutannya dengan didampingi salah satu pengurus, Agus menekankan agar selain serikat pekerja berjuang untuk peningkatan kesejahteraan yang lebih baik, penting juga untuk anggota agar selalu mematuhi SOP dan kesadaran yang tinggi atas K3 agar pekerjaan berjalan dengan baik juga. 

Hiburan musik juga menjadi warna yang menarik dalam perhelatan ini. SIPTAM yang merupakan serikat pekerja yang dibentuk pada 1 September 2023 ini berusaha menyajikan momen perayaan ulang tahunnya dengan perpaduan nuansa reflekstif dan menggembirakan.  

Dihubungi dari tempat yang terpisah, Adi Pratomo, Ketua Umum Federasi SERBUK mengucapkan salam dan ucapan ulang tahun dari kantor pusat Federasi SERBUK di Karawang, Jawa Barat. Ia menyampaikan, “Selamat hari jadi yang pertama untuk serikat buruh Anggota SERBUK, SIPTAM. Semoga semangat persatuan dan perjuangan terus menguatkan kita dalam membela hak-hak pekerja. Mari bersama-sama mencapai kesejahteraan dan keadilan bagi semua anggota. Sebab momentum hari jadi juga selalu menjadi tempat untuk merefleksikan diri bagi organisasi dan sekaligus menjadi tantangan untuk kedepannya. Perlu diingat bahwa sejatinya akan menjadi tugas berat kita untuk terus menjaga apa yang sudah baik hari ini untuk tidak akan merosot atau hilang sampai di hari jadi tahun depan dan di tahun depan nya lagi. Jadi, terus mengguatkan organsiasi adalah kunci keberhasilan kita semua di tahun-tahun berikutnya. SERBUK Indonesia. Berani berjuang, Pasti menang. Terus maju dan berjuang kawan-kawan SIPTAM.” (Mh)