Bakti SBKI-SERBUK Area Purwosari: Berbagi Air Bersih dan Perkuat Solidaritas

 

Mobil tangki berwarna biru tepat tiba di lokasi saat tengah hari (22/9/24). Warga berbondong-bondong mendatangi tempat air dengan jerigen dan ember yang beraneka rupa. Wajah-wajah penuh senyum dan sumringah memberikan nuansa yang hangat dan akrab. 

Bertempat di RT 4, padukuhan Klampok, desa Giripurwo, kecamatan Purwosari, kabupaten Gunungkidul, SBKI dan Federasi SERBUK menggelar bakti solidaritas air bersih untuk warga setempat. Bersamaan dengan itu, lokasi yang ditempati ini juga merupakan tempat tinggal mayoritas dari anggota SBKI area Purwosari. 

Agus, Sekretaris SBKI Gunungkidul menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif penting yang perlu dilakukan agar SBKI bisa memiliki peran aktif dan dikenal masyarakat. “Organisasi serikat pekerja konstruksi ini selain memiliki tugas utama untuk mendampingi dan membela anggota, juga penting memiliki kebermanfaatan pada orang banyak melalui solidaritas-solidaritas nyata yang dilakukan,” ucapnya. 

Puluhan Kuli bangunan anggota SBKI yang sedang libur ini saling bergotong royong untuk menyalurkan pipa air dari mobil tangki ke tempat penampungan berkapasitas 5000 liter. Selanjutnya, selang air secara bergiliran diisikan pada jerigen dan galon-galon yang dibawa oleh warga. Hal ini dilakukan beberapa kali dan rencananya akan diteruskan dalam beberapa tahap. 

Adapun kegiatan solidaritas berbagi air ini dilakukan sebagai sesi pra-launching dari SBKI Area Purwosari. Selain itu, padukuhan Giripurwo ini juga termasuk salah satu wilayah di kabupaten Gunungkidul yang sering mengalami kekeringan akibat musim kemarau. 

Marsono, anggota SBKI Area Purwosari yang pernah terlibat dalam pengerjaan proyek konstruksi jalur lintas selatan (JLS) ini menyambut dan terlibat secara aktif dalam kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa ke depan anggota SBKI sangat berpotensi untuk semakin bertambah dan meluas jika semakin banyak peran-peran secara positif dilakukan untuk anggota dan masyarakat. 

Serikat buruh dan masyarakat sejak awal memang adalah dua hal yang tak terpisahkan. Wahyu Nur Huda, Organizer Federasi SERBUK untuk sektor konstruksi yang hadir langsung di lokasi juga menekankan bahwa keterlibatan serikat buruh, khususnya SBKI, bisa dikembangkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota, keluarga, dan lingkungan masyarakatnya. Hal itu bisa digiatkan dalam program pengawalan BPJS, baik kesehatan dan ketenagakerjaan, serta pendidikan dan pelatihan yang meningkatkan skill dan kapasitas yang semakin memajukan potensi-potensi yang dimiliki. (Mh)