World Urban Forum 9: Transformasi Masyarakat Pedesaan.

World Urban Forum (WUF) adalah forum internasional yang membahas tentang isu-isu perkotaan. KTT internasional dua tahunan yang berjalan sejak 2001 ini diselenggarakan oleh UN Human Habitat (UN-Habitat). Pada tahun ini WUF 9 berlangsung di Kuala Lumpur (Malaysia), diperkirakan sebanyak 25.000 peserta hadir dari seluruh penjuru dunia untuk mewakili masing-masing Negaranya. Federasi Serikat Buruh Keratyatan (SERBUK) Indonesia yang berafiliasi dengan BWI turut hadir di forum yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai 13 Februari 2018.
Subono, ketua F – SERBUK Indonesia yang hadir di WUF 9 mengungkapkan bahwa transformasi masyarakat dari pedesaan menjadi perkotaan, atau masyarakat agrarian yang kemudian menjadi masyarakat industrial. Lahan pedesaan yang berubah menjadi perkotaan, kawasan pertanian yang berangsur angsur tergusur karena lahannya menjadi kawasan industri . “Sekarang, mayoritas penduduk dunia tinggal di lingkungan perkotaan dari pada di pedesaan. Ini karena lahan persawahan yang diubah menjadi kawasan perindustrian, sehingga salah satu peran penting dalam proses pembangunan ini adalah pekerja di sektor konstruksi. ” jelas Subono.
Pesatnya pembangunan kota menyebabkan beberapa permasalahan pada masyarakat miskin kota, sehingga kebijakan pemerintah serta pemecahan permasalahan adalah poin – poin penting yang dibahas pada forum ini. “Bagaimana pembangunan kota akan berdampak pada pekerjaan konstruksi, infrastruktur dan kawasan – kawasan industri, faktor keselamatan dan kesehatan kerja yang diabaikan dalam pelaksanaan proyek karena target pekerjaan, menimbulkan banyak korban jiwa. Dan disinilah perlunya perhatian khusus dari pemerintah sebagai pembuat kebijakan serta pengawas pada pelaksana pembangunan ini,” tegas Subono.
Pesatnya pembangunan yang ada juga harus bisa memastikan terjaminnya ketersedian tempat tinggal yang lestari dan setara dari pada sebelumnya. Tidak kemudian hasil dari proses pembangunan yang pesat ini hanya menimbulkan kesenjangan masyarakat yang semakin besar. Maka dari itu regulasi atau kebijakan dari pemerintah untuk melakukan kontrol adalah ‘benang merah’ yang menjadi salah satu pembahasan mendalam di forum WUF 9 ini.

BAGIKAN