TUANGKAN TERUS AIRNYA, NISCAYA, AKAN HILANG KOTORANNYA!

PENDIDIKAN DASAR I KPBI,

Jakarta, 23-24 FEBRUARI 2019.

Setiap orang, yang datang ke serikat buruh, tentu saja sudah membawa berbagai isi, pengalaman, pemahaman, dan apa pun namanya. Bisa jadi dia lulusan sekolah hebat, bertahun-tahun dapat pengalaman dari luar sana dengan berbagai sudut pandang, gambar, dan cerita-cerita yang menjadikannya seperti manusia sekarang ini. Sementara, serikat buruh menawarkan isi yang berbeda; perjuangan, perlawanan, solidaritas, dan kebaikan-kebaikan kolektif lainnya.

Kita ingin itu menjadi isi baru dalam diri anggota kita, tapi tentu saja tak mudah. Membiarkannya dengan isi lama, tentu menyulitkan kita untuk mengajak pada jalan perubahan. Memaksakan kehendak dengan membuang isi, bisa jadi membuatnya menolak. Resistensinya sangat kuat. Bisa jadi membuatnya pergi tak kembali. Lalu apakah akan diam saja?

Pendidikan! Itu kuncinya! Saya sangat menyukai gambar ini. Sebuah proses menuangkan air baru ke dalam gelas. Terus menerus sampai tumpah isinya. Percayalah, dalam prosesnya akan menyenangkan. Ketika air baru dituangkan, memasuki gelas, bercampur, lalu saling mempengaruhi, dan akan meluber keluar dari gelas, itulah yang disebut dialektika. Bergerak dan selalu menciptakan kualitas baru.

Menuangkan air ke dalam gelas rasanya tak terlalu susah. Bagaimana kalau tantangan kita naikkan? Mengisikan air baru ke dalam teko, gayung, ember, hingga kolam? Butuh kerja kolektif!

Selamat berpendidikan!

Dokumentasi Pendidikan Dasar 1 KPBI
Dokumentasi Pendidikan Dasar 1 KPBI

Pendidikan Serikat Buruh, seharusnya menawarkan hal-hal baru. Pemahaman baru, kesadaran baru, dan tentu saja perilaku yang baru!

BAGIKAN