SOLIDARITAS ITU MELEWATI BATAS NEGARA, KARENA KITA ADALAH KELUARGA YANG HARUS SALING MENGUATKAN

Karawang – Rabu (21/6), Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia kedatangan dua tamu dari Serikat buruh di Australia. Mereka adalah Bob Carnegie (Maritime Union of Australia) dan Jeff Rickertt (Service Union) yang berasal dari Distrik Queensland Australia.

Kunjungan mereka ke Sekretariat F. SERBUK Indonesia merupakan rangkaian perjalanan mengunjungi jaringan di Indonesia terutama berkaitan dengan kampanye penolakan penggunaan asbestos sebagai bahan berbahaya dalam industri.

Kehadiran delegasi ini untuk mendiskusikan berbagai kemajuan kampanye penolakan asbestos di Indonesia. F. SERBUK Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir terlibat aktif dalam kampanye ini bersama basis di PT. Siamindo Concrete Products yang memproduksi atap berbahan dasar asbestos.

Serikat-serikat di Australia, memiliki sejarah dan pengalaman panjang terkait perjuangan penolakan bahan berbahaya asbestos dan berhasil menghentikan penggunaan bahan berbahaya ini, tetapi masih menyisakan masalah sebab kemudian Australia masih mengeksport asbestos ke nagara lain termasuk Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, disela-sela diskusi, Bob dan Jeff berkesempatan memberikan dukungan kepada perjuangan buruh PT. Pelabuhan Banyuwangi Sejati (PBS) yang tergabung dalam Serikat Pekerja Sritanjung. Serikat Pekerja Sritanjung, saat ini sedang berjuang bersama seluruh anggota untuk mendesak kepada Pemda Banyuwangi sebagai pemilik 90% saham di perusahaan agar segera membayarkan hak-hak yang selama satu tahun lebih tidak dibayarkan. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas didesak agar bertanggungjawab untuk menyelesaikan kasus ini.

Bob Carnegie menjelaskan bahwa dalam situasi yang memburuk dan penuh ancaman bagi kehidupan buruh di tempat kerja, pemerintah yang semakin mengabaikan perlindungan terhadap buruh maka kekuatan solidaritas harus terus digalang. “Solidaritas tidak mengenal batas wilayah dan sekat organisasi, maka menjadi kewajiban bagi kita semua untuk saling mendukung perlawanan,” ujar Bob.

Maritime Union of Australia merupakan serikat buruh maritim di Australia yang memiliki sejarah panjang dalam perjuangan buruh maritim dan mereka yang bekerja di berbagai pelabuhan. SERBUK berharap, jalinan solidaritas ini kelak dapat semakin ditingkatkan.

Terima kasih Bob Carnegie (Maritime Union odf Australia) dan Jeff Rickertt (Service Union).

BAGIKAN