SETAHUN LALU, KITA MENYUARAKAN TENTANG PENTINGNYA “KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA”.

Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia (F. SERBUK Indonesia) :

BAGAIMANA IWMD TAHUN INI ? 28 APRIL 2017

Setahun lalu, kita menyuarakan bahwa Kecelakaan Kerja Tewaskan 1 Buruh Setiap 6 Jam. Data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencatat rata-rata 1 buruh meregang nyawa setiap 6 jam. Tahun lalu, terjadi 2.375 dari total 105. 182 kecelakaan kerja yang berakibat hilangnya penggerak roda perekonomian tersebut. Padahal, data ini belum mencakup pekerja informal dan pekerja formal yang tidak tercatat pada BPJS Ketenagakerjaan.

“Buruh pergi bekerja untuk menjual tenaga demi penghidupan. Kami tidak mengantar nyawa,” bunyi pernyataan sikap kita tahun lalu.

Lalu kita menegaskan :
SERBUKIndonesia melihat peningkatan angka kecelakaan kerja sebagai tren yang harus diturunkan. Kementrian Ketenagakerjaan mencatat kenaikan kecelakaan kerja meningkat hingga 5% setiap tahunnya. Sebagian besar laju peningkatan itu berasal dari angka kecelakaan kerja berat.

Lebih jauh SERBUK Indonesia menjelaskan, sektor konstruksi dan manufaktur masih merupakan penyumbang terbesar kecelakaan kerja di Indonesia. Dua sektor industri tersebut menyumbang 31, 9 % dan 31, 6 % dari total kecelakaan kerja di Indonesia. Angka ini disusul dengan angka 9,3 % dari sektor Transportasi.

MENUJU #IWMD2017
MARI SUARAKAN KEMBALI SUARA KORBAN!
SATU NYAWA YANG HILANG, TAK PERNAH BISA KEMBALI!
MEREKA YANG BERANGKAT KERJA, HARUS KEMBALI KE RUMAH DENGAN SELAMAT!

BAGIKAN