SERUAN KAMPANYE GLOBAL, BWI GLOBAL UNION

Mari Bersiap untuk IWMD 2020, 28 April 2020

28 April setiap tahun diperingati sebagai peringatan global mengenang pekerja yang meninggal di tempat kerja atau populer dengan International Workers’ Memorial Day (IWMD). April 2020, suasananya berbeda karena kita diterjang badai pandemi Covid-19.

Berikut kami sampaikan bagaimana BWI GUF merespon IWMD 2020.

Pandemi COVID-19 telah mengubah hidup kita dan para pekerja di sektor kita, dengan risiko dan ketakutan baru tidak hanya untuk kesehatan dan keselamatan tetapi untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan dan keluarga serta masyarakat kita. Mengingat pandemi ini memengaruhi semua pekerja di seluruh dunia, termasuk pekerja bangunan dan konstruksi serta pekerja kayu dan kehutanan, pekerjaan kita sebagai Serikat Global untuk bersatu tidak pernah se-relevan seperti sekarang ini. International Workers Memorial Day (IWMD) yang akan berlangsung pada Selasa 28 April 2020 dengan pilihan tema kampanye BWI tahun ini adalah: “Lindungi Pekerja! Stop COVID-19”

Poster Lindungi Pekerja BWI Global Union.
Poster Lindungi Pekerja BWI Global Union.

Kami mendorong semua afiliasi untuk memasukkan tema ini dalam kampanye masing-masing sehingga anggota Anda dapat menjadi bagian dari kampanye global.

Ada masalah kesehatan dan keselamatan serius lainnya yang terus menjadi penting dan tidak boleh diabaikan IWMD ini.
1. Kita tahu bahwa lebih dari 100.000 pekerja konstruksi meninggal setiap tahun dalam “kecelakaan” yang (seharusnya) dapat dicegah di lokasi kerja.
2. Pekerja kehutanan juga dihadapkan dengan kondisi berbahaya. Kesehatan dan keselamatan diperparah dengan maraknya hubungan kerja yang longgar di sektor ini; pekerja informal subkontrak yang semakin memprihatinkan.
3. Industri semen juga sangat berbahaya dan menyebabkan ratusan kematian dalam kecelakaan di tempat kerja, dan ribuan pekerja di sektor ini terkena penyakit akibat kerja setiap tahun. Penggunaan outsourcing yang besar juga sebagian besar bertanggung jawab atas kurangnya pengelolaan bahaya yang koheren di tempat kerja.

Pekerjaan tidak tetap di sektor-sektor yang diselenggarakan oleh afiliasi BWI dibayar mahal oleh pekerja dengan kesehatan dan kehidupan mereka. Dengan demikian, BWI mendukung aksi kampanye IWMD yang diambil oleh afiliasi mengenai perlunya mencegah hilangnya nyawa di sektor-sektor ini. Misalnya, afiliasi yang aktif dalam kampanye Lafarge Holcim kami kemungkinan akan melakukan protes bersama atas kematian pekerja di perusahaan dan outsourcing yang merupakan faktor penyebab. Juga, Komite Pemuda (Youth Committee) BWI sedang mengorganisir kampanye IWMD di bawah sub tema “Life before Profit” (Nyawa lebih berharga daripada Laba).

BWI juga mendukung aksi kampanye lanjutan pada kampanye Ban Asbestos kami yang sudah berlangsung lama; sementara itu, dua juta ton asbes chrysotile dimasukkan ke lingkungan kita setiap tahun – menjamin warisan maut bagi pekerja bangunan dan masyarakat.

Kami mendorong semua tindakan kampanye IWMD oleh afiliasi untuk dibagikan dengan BWI untuk memperkuat kampanye global kita.

Libatkan sebanyak mungkin anggota dan pekerja untuk terlibat dalam kampanye kita. Kirimkan foto, pernyataan / pesan, dan video dan kami akan mengirimkannya kepada afiliasi lain untuk saling menyemangati.

Lindungi Pekerja! Stop Covid-19!

Mari berbuat yang terbaik untuk seluruh anggota dan pekerja.

# BWI2020IWMD
#IWMD2020
#SERBUKBWIIWMD2020
#STOPCOVID19
#SPEAKUP-STANDUP-COMEHOME
#AMANDLA
#POWERTOTHEPEOPLE
#STRONGUNIONPOWER
#BERANIBERJUANGPASTIMENANG
#LIFEBEFOREPROFIT
#NYAWALEBIHBERHARAGDARIPADALABA

BAGIKAN