Ketua SP Tambang PT. Lancarjaya Mandiri Abadi (LMA): “Kami Menolak Mutas atas 72 orang operator Dump Truck !”

 

Dalam orasinya yang dilakukan di gerbang PT. PT. GuoHua Energi Musi Makmur Indonesia (GHEMMI), Usri selaku Ketua SPT. PT. LMA menyatakan pihaknya dengan tegas menolak rencana Mutasi yang diancamkan oleh pengusaha PT. LMA.

Malalui surat tertanggal 23 Maret 2017, manajemen LMA mengancam akan memutasikan operator yang mengoperasikan sebanyak 36 unit Dump Truck. Setiap Unit, dioperasikan oleh 2 orang sehingga total ada 72 yang terancam mutasi. Perusahaan tidak memberikan penjelasan yang masuk akal atas rencana mutasi ini. Tapi, serikat pekerja menganalisa bahwa mutasi ini adalah upaya untuk melemahkan posisi serikat pekerja.

SPT. LMA merupakan kekuatan inti yang ada di PLTU Gunung Raja yang mengoperasikan Dump Truck dan alat berat di lokasi pertambangan. Posisi ini sangat vital sehingga ketika pekerja melakukan pemogokan, maka dipastikan aktivitas PLTU akan lumpuh. Disamping ini, serikat juga berkeyakinan rencana mutasi ini juga didasari atas persaingan usaha dimana ada pihak lain yang akan mengambil keuntungan dengan menyediakan tenaga kerja pengganti.

Usri bersama seluruh anggota menyatakan menolak rencana mutasi tersebut dan mendesak kepada PT. PT. GuoHua Energi Musi Makmur Indonesia (GHEMMI) serta PT. Lematang Coal Lesatri sebagai pemberi kerja untuk bertanggung jawab. Selain di PLTU Gunung Raja, PT. LMA juga berperan dalan berbagai proyek infrastruktur besar di Jalan Tol Cipali, Jalan Tol Palembang – Lampung dan proyek lain di Jami, Lampung dan Jawa Barat.

 

BAGIKAN