HENTIKAN PEMBERANGUSAN SERIKAT DAN PENCURIAN UPAH!

“Solidaritas dari Federasi SERBUK INDONESIA untuk MUA”

Karawang – Serikat Buruh Maritim Australia (MUA) sedang menggalang aksi di pelabuhan Pelabuhan Botany, Australia. Aksi yang digalang oleh MUA, adalah sebuah langkah untuk mendampingi anggota yang terancam diberangus oleh perusahaan bernama Patrick Stevedore.

Buruh Maritim yang bekerja di pelabuhan sudah bekerja di tempat tersebut dalam waktu yang lama, tetapi kemudian perusahaan justru berencana mengubah status hubungan kerjanya menjadi outsourcing. Tindakan ini, memicu aksi dari MUA dan anggota yang ada di pelabuhan tersebut.

SERBUK Indonesia, menggalang aksi solidaritas dan menjadikan dukungan solidaritas ini untuk mengajak anggota SERBUK Indonesia memahami bagaiamana sebuah serikat memberikan dukungan bagi buruh di negara lain. Dukungan ini, diharapkan memberikan kekuatan dan perjuangan buruh di Australia. Union Busting dan perampasan upah, dimanapun kejadiannya, harus segera dihentikan. SERBUK Indonesia mendukung perjuangan Serikat Buruh Maritim di Australia.

Yohana Sudarsono, Ketua Departemen Hubungan Internasional menjelaskan bahwa SERBUK Indonesia menjadikan proses dukungan internasional sebagai upaya untuk mengajarkan semangat internasionalisme, dimana semua buruh, di seluruh dunia adalah satu nasib dalam perjuangan. “Membangun kesamaan pandangan dan keyakinan bahwa kita adalah sama, senasib dan harus bersolidaritas menjadi salah satu harapan dari upaya solidaritas ini,” tegas Yohana.

SERBUK Indonesia dan Serikat di Australia telah menjalin hubungan yang baik dalam berbagai kesempatan. Selain program pendidikan dan kampanye, SERBUK Indonesia juga beberapa kali memberikan dukungan atas aksi-aksi serikat di Australia, demikian juga sebaliknya. Pada Agustus 2016, Matt Goodwin dari MUA pernah menjadi pemateri dalam pendidikan K3 di SekretariatSERBUK Indonesia.

Panjang Umur Solidaritas !!!

BAGIKAN