Harlah SERBUK Indonesia: Perkuat Perkawanan, Perhebat Perlawanan.

Karawang – Bertempat di aula Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang (16/12), massa dari berbagai serikat buruh anggota (SBA) yang berafiliasi ke Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia (SERBUK Indonesia), serta beberapa tamu undangan datang menghadiri puncak perayaan Harlah SERBUK Indonesia. Tahun ini acara peringatan tersebut menginjak usia yang ke 5. Peserta peringatan Harlah tampak sudah memadati tempat acara pada pukul 09.30 WIB. Beberapa dari mereka terlihat mengikutsertakan istri dan anaknya.

Acara yang dimulai sejak pagi hari itu dibuka langsung oleh ketua umum SERBUK Indonesia, Subono. Dalam sambutannya, ia menceritakan secara singkat sejarah berdirinya SERBUK Indonesia yang mulai dibentuk oleh 5 SBA di Kabupaten Karawang. Dalam perkembangannya sekarang, SERBUK Indonesia sudah ada di berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan D.I. Yogyakarta.

Sambutan Ketua Umum SERBUK Indonesia
Sambutan Ketua Umum SERBUK Indonesia

“Berangkat dari komitmen bersama untuk memperjuangkan nasib anggota, kami membentuk federasi ini dengan berlandaskan intergritas”, tegas Subono.

Senada dengan Subono, Sekretaris Jendral SERBUK Indonesia, Khamid Istakhori dalam sambutannya juga menjelaskan tantangan yang dihadapi SERBUK Indonesia dalam perjalanannya selama 5 tahun ini.

“Awalnya kita hanya 15 orang saja, perwakilan dari 5 SBA yang kemudian bersepakat untuk membentuk Federasi ini dan berkomitmen penuh untuk memperjuangkan nasib para anggota.” Ungkap Khamid.

Lebih lanjut, Khamid Istakhori menjelaskan bahwa kehancuran serikat buruh sering kali terjadi karena faktor perpecahan dalam tubuh serikat buruh. Bukan karena adanya intervensi dari luar seperti pengusaha ataupun pemerintah. Rendahnya integritas para pengurus, hingga adanya politik transaksional yang terjadi dalam serikat buruh merupakan faktor penghancur serikat buruh.

Sambutan Sekretaris Jendral SERBUK Indonesia
Sambutan Sekretaris Jendral SERBUK Indonesia

Diakhir sambutannya, Khamid Istakhori menegaskan bahwa SERBUK Indonesia akan menghindari dan menghilangkan hal-hal yang dapat menyebabkan perpecahan dalam berserikat.
‘Perkuat Perkawanan, Perhebat Perlawanan’ dipilih menjadi tagline SERBUK Indonesia untuk menyambut tahun 2019.

Salah satu anggota SERBUK dari PT. MSS yang baru saja berafiliasi dengan SERBUK Indonesia, Robi, mangaku bangga bisa menjadi bagian dari SERBUK Indonesia. Robi sendiri sudah sejak pagi berangkat dari Cikarang menuju tempat acara bersama rekan-rekannya.

“Meskipun baru satu bulan kami bergabung dalam barisan SERBUK, melihat semangat juang ini kami yakin ke depannya SERBUK akan lebih hebat dalam melawan penindasan yang selama ini masih dialami buruh.” Tegas Robi.

Acara kemudian dilanjut dengan prosesi pemotongan tumpeng. Selanjutnya ditutup dengan doa bersama untuk perkembangan dan kebaikan SERBUK Indonesia di tahun selanjutnya. Para peserta tampak khidmat.

Pemotongan Tumpeng Harlah SERBUK Indonesia ke-5
Pemotongan Tumpeng Harlah SERBUK Indonesia ke-5

Acara peringatan Harlah SERBUK Indonesia dilanjutkan dengan pementasan seni pertunjukan. Pementasan musik dan puisi dari perwakilan SBA dilangsungkan di panggung sederhana secara silih berganti. Puncaknya pementasan dipungkasi oleh penampilan memukau dari Tapak Rasta dan Ridlo Sorak. Dua bintang tamu ini datang langsung dari Jakarta. Seluruh rangkaian acara sendiri berakhir pada pukul 15.00 WIB.

BAGIKAN