Edward Miller: Kita akan Perbesar Dukungan untuk SERBUK BMJ!

Perundingan perjanjian kerja bersama (PKB) antara SERBUK PT. Bukit Muria Jaya (BMJ) dengan Pimpinan Perusahaan mengalami deadlock, ada tiga pasal yang belum dapat disepakati sebagai kesepakatan. Ketiga pasal tersebut adalah kenaikan tunjangan transportasi, hak berunding kenaikan upah, dan masalah pensiun pekerja.

“Federasi SERBUK sudah memberikan pendampingan dan akan terus memperluas dukungan,” tegas Khamid Istakhori, Sekretaris Jenderal SERBUK Indonesia.

Lebih lanjut Khamid menjelaskan bahwa SERBUK Indonesia sudah menyampaikan permohonan dukungan kepada Building and Woodworker’s International (BWI) sebagai afiliasi. “Pertama dalam pertemuan (dengan BWI) di Karawang, lalu pekan kemarin di sela-sela pertemuan Asia PAcifik Electricity Workers Network, di New Delhi India,” jelas Khamid.

Menurutnya, BWI akan memberikan dukungan secara bertahap. Dukungan pertama akan ada surat yang dikirimkan kepada Pimpinan Perusahaan BMJ di Karawang. “Surat itu akan dikirimkan pada Minggu sore,”lanjut Khamid.

Sementara, Edward Miller, Koordinator Divisi Kampanye BWI Regional Asia Pasifik menjelaskan bahwa permintaan resmi dari SERBUK sudah diterima. “Kemarin, kami sudah membahasnya di  New Delhi dan akan segera kita respon,” ujar Edward.

Lebih lanjut Edward juga menjelaskan bahwa selain dukungan solidaritas, BWI juga sudah melakukan pemetaan antara pasar internasional dan irisan dengan anggota BWI di berbagai negara. “Kita memetakan, irisan antara anggota kita dan juga pasar perusahaan di pasar Eropa dan Asia,” tegas Edward.

Dalam rekomendasi pertemuan, BWI berharap perusahaan segera merespon surat yang dikirimkan dan segera menyelesaikan perundingan. “Kami akan menunggu 1-2 minggu setelah surat dikirimkan, bila tak segera merespon kami akan perbesar dukungan kepada SERBUK BMJ dengan melibatkan beberapa afiliasi di berbagai negara ,” pungkas Edward

BAGIKAN