Aksi Dorong Motor untuk Mendorong Perjuangan Mogok Nasional Buruh AMT PT. Pertamina Patra Niaga

Yogyakarta – Senin, 19 Juni 2017 beberapa elemen mahasiswa dan buruh yang tergabung dalam Aliansi Rakyat untuk Solidaritas AMT (ARUS) melakukan aksi solodaritas untuk mendukung mogok nasional yang dilakukan kawan-kawan buruh Awak Mobil Tangki (AMT) PT. Pertamina Patra Niaga yang mengalami PHK sepihak.

Aksi mogok nasional yang dilakukan para buruh AMT dibeberapa depo di Indonesia ini merupakan bentuk perjuangan kawan-kawan buruh AMT untuk 350 buruh yang mengalami PHK sepihak oleh PT. Pertamina Patra Niaga

“Aksi ini penting, untuk menunjukan bahwa gerakan solidaritas untuk siapapun yang tertindas akan terus ada” ucap Husen, salah satu Korlap aksi dari SERBUK Indonesia.

Aksi yang dimulai dengan konvoi dan dilanjut dengan aksi dorong motor ini dimaksudkan sebagai usaha simbolik ikut merasakan perjuangan kawan-kawan buruh AMT, dan sebagai gambaran bahwa dengan PT. Pertamina Patra Niaga tidak memenuhi tuntutan buruh maka kesulitan persediaan BBM bisa terjadi.

Aksi mogok nasional ini sangat bisa menyebabkan kelangkaan BBM. Terlebih aksi ini dilakukan masif di tiga kepulauan besar, yaitu sumatra, jawa dan sulawesi. Dengan sangat ekspresif, Madong mengungkapkan bahwa “Kami mendorong motor sebagai bentuk luapan ekspresi kita bahwa buruh AMT sangat berjasa dalam proses distribusi BBM, jika tidak ada mereka maka motor kita tidak bisa jalan dan harus didorong seperti ini”.

Aksi ini kemudian ditutup dengan orasi politik dan pembacaan pernyataan sikap di depan kantor PT. PERTAMINA cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan masa aksi tak henti-hentinya menyuarakan yel-yel “BURUH BERSATU, TAK BISA DIKALAHKAN …. BURUH BERKUASA, RAKYAT SEJAHTERA”

BAGIKAN