ADA BANYAK BONUS YANG SAYA DAPATKAN KEMARIN!

SERBUK Indonesia Cup 2018

Kurang lebih sebulan lalu, kami mengadakan rapat, rapat kecil yang dihadiri Komite Eksekutif SERBUK dan para Ketua SBA. Pembahasannya hanya satu: Ulang tahun Kelima SERBUK yang jatuh pada 11 Desember 2018. Mau ngapain?

Ada dua ide, bikin konser mini untuk mengenang perjalanan dan bikin turnamen futsal. Ketok palu, jadi! Untuk turnamen futsal, segera disusun kepanitiaan. Tugas kami, Komex, hanya satu: menyediakan hadiah. Saya tawarkan, bagaimana kalau hadiahnya seekor kambing? Semua setuju. Lalu, untuk konser mini, mengingat 11 Desember 2018 adalah hari Selasa, hari kerja, akhirnya kami memutuskan untuk bikin acara pada Minggu, 16 Desember 2018.

Rapat Koordinasi di Sekre SERBUK Indonesia
Rapat Koordinasi di Sekre SERBUK Indonesia

Dus! Kembalike futsal. Tanpa saya ketahui secara detail, panitia sudah bikin rapat beberapa kali. Saya hanya mendapatkan update sekali dua kali saja. Intinya mereka bersemangat untuk menggelar turnamen. Akhirnya hanya ada 10 team yang akan bertanding. Dua team tamu gagal ikut. LBH Jakarta, ada acara ke Sukabumi. BEM STHI Jentera, sibuk bikin makalah rupanya.

Pertandingan bermula pada 10.30 wib, sesudah seremoni singkat. Ba bi bu, ketua panitia ngomong ini itu, pertandingan digelar. Saya datang terlambat karena tertinggal kereta dari Jakarta, disamping itu, saya sudah ditodong dua tiga SBA yang berkasus. Jadilah di pinggiran lapangan itu kami berdiskusi. Diskusi berurutan dengan tiga SBA berkasus selesai ketika ketua panitia menghampiri untuk memberitahukan pertandingan final segera dimulai.

Diskusi Bersama Basis SBA SERBUK Indonesia
Diskusi Bersama Basis SBA SERBUK Indonesia

Saya nonton dari luar jaring lapangan. Berebut tempat dengan beberapa orang yang tak semuanya saya kenal. Inilah yang kemudian saya sebut sebagi bonus! Pertama, ternyata peserta futsal ini sebagian besar anggota serikat yang sangat jarang berkunjung ke serikat. Apa pun alasannya. Semuanya anak-anak muda. Tahu kan kalau futsal itu digemari anak-anak milenial? Bukan mas-mas yang sudah beranjak tua seperti saya? Itu bonus pertama. Mereka bilang dengan serius, kita harus bikin pertandingan beginian sekali sebulan! Deal! Itu artinya, SERBUK punya forum konsolidasi di lapangan futsal. Dan mereka datang dengan biaya mereka sendiri. Ini kemewahan!

Kedua, tak sampai enam jam, Ketua Panitia sudah mempublish alias mengumumkan laporan keuangan yang habis digunakan untuk turnamen itu. Apa artinya? Tradisi keterbukaan menjadi penting. Cepatnya pelaporan itu memberikan sinyal bahwa gak ada kerjaan yang ditumpuk, gak ada biaya siluman, dan semua dikerjakan dengan penuh tanggung jawab! Bonus beneran nih!

SBA PT. MAI Peserta SERBUK Indonesia Cup 2018
SBA PT. MAI Peserta SERBUK Indonesia Cup 2018

Ketiga, sesudah penyerahan piala kepada SBA PT BMJ yang juara pertama (diiringi hujan air mata dari Timnas SBA Meiji sebagai runner up hahaha), beberapa anak-anak muda menemui saya. Mereka bilang begini, ”Bung, terima kasih sudah kasih kesempatan buat kami untuk menjadi panitia, tanpa adanya intervensi. Kami sekarang tahu, bagimana repotnya ngurus organisasi.”
Dengan sok bijak, saya menanggapinya, sambil tepuk-tepuk bahunya, saya bilang,” Teruskan anak kisanak!”

SBA PT. BMJ Juara SERBUK Indonesia Cup 2018
SBA PT. BMJ Juara SERBUK Indonesia Cup 2018

Oiya, sebelum benar-benar bubar, salah satu dari anak muda itu bilang ke saya,” Bung sekedar kasih tahu, besok aksi nasional KPBI, saya mendapat perintah dari Bung Ilhamsyah untuk jadi Wakorlap. Saya akan memimpin dari mobil komando!” Saya terharu dan benar-benar berterima kasih: begitu banyak bonus yang saya terima.

Mari kita saksikan, pada 8 Desember 2018 besok, anak-anak muda itu memimpin perlawanan dari mobil komando! Kalau memang kita pengin lebih banyak bonus, segera serahkan kepercayaan pada kader-kader mudamu!

BAGIKAN